Bagaimana Cara Berbisnis Online?

(Last Updated On: June 19, 2018)

Artikel ini untuk Anda yang masih belum tau bagaimana cara berbisnis online. Juga akan saya jelaskan apa bedanya dengan berjualan online. Karena banyak yang masih bingung.

Memahami konsep yang benar tentang bisnis internet, akan menjadikan Anda selamat dari berbagai penipuan dan bisa menjalankan bisnis dengan cara yang benar. Banyak orang yang kurang ilmu, menjalankan bisnis online dengan cara yang tidak benar.

Plus bukan hanya teori saja, saya juga akan tunjukan salah satu ide berbisnis online tanpa modal besar dan cocok dijalankan untuk pemula.

Mau?

Mari kita mulai.

online business photo

Apa Itu Bisnis Online?

Bisnis online terdiri dari 2 kata: bisnis dan online. Artinya berbisnis secara online. Bisnis adalah aktivitas dalam menghasilkan uang dengan memasarkan produk atau jasa yang dilakukan oleh tim. Hal ini sejalan dengan definisi dari Wikipedia:

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.

Lalu apa itu online? Sederhananya menggunakan internet. Komunikasinya melalui jaringan elektronik. Mulai dari menawarkan produk dan jasa, komunikasi antara bisnis dan pelanggan, layanan paska penjualan, pemasaran, dan sebagainya. Menggunakan website, social media, email, dan aplikasi chatting dikategorikan online.

Bisnis online pada dasarnya sama dengan bisnis biasa, hanya saja medianya online. Itu saja. Tentu saja bisnis online memberikan peluang bagaimana menjual dan mengirimkan produk digital secara online. Namun untuk produk fisik tentu masih membutuhkan bantuan dunia nyata (offline).

Bisnis online tidak harus 100% online karena banyak aktivitas bisnis yang harus dilakukan secara offline. Termasuk ditransaksi, selain memerlukan delivery (pengiriman) secara offline, tentu memerlukan keberadaan kantor dan tempat produksi ada di dunia nyata. Nggak mungkin kan membuat baju menggunakan software saja?

Secara singkat, bisnis online = bisnis biasa + media online.

Sudah gitu aja, tidak usang pusing.

Apa Bedanya Dengan Berjualan Online?

Robert T. Kiyosaki memasukan berjualan ke quadrant S sementara berbisnis masuk ke quadrant B. Artinya memiliki karakter yang berbeda.

Berjualan adalah you own a job. Anda tidak punya bos, namun dibatasi oleh waktu. Uang Anda tergantung seberapa banyak Anda menghabiskan waktu untuk jualan. Kalau Anda berhenti berjualan, maka Anda berhenti menghasilkan uang. Tidak ada leverage (daya ungkit).

Sementara kuadran B: you own a system and people works for you. Artinya ada sistem dan orang (tim) yang bekerja untuk Anda. Cirinya bisnis adalah adanya sistem dan tim. Jadi Anda tidak berjualan sendiri, yang melakukan aktifitas bisnis adalah tim Anda. Agar tim Anda bisa menjalankan bisnis, maka dibutuhkan sistem.

Kalau begitu, saya harus punya sistem dan tim dong? Tenang, nanti akan saya tunjukan bahwa Anda sudah bisa memiliki tim dan sistem meski Anda baru memulai. Ada rahasianya.

Jadi kalau Anda masih jualan sendiri, artinya Anda belum bisnis online. Tapi BUKAN salah, bisa saja untuk mengawali sebuah bisnis online, dimulai dengan berjualan online.

Bagaimana Cara Berbisnis Tanpa Modal?

Apa bisa? Tentu saja, kenapa tidak. Yang dimaksud tanpa modal bukan berarti tanpa uang sama sekali. Maksudnya tanpa modal besar puluhan juta atau ratusan juta. Jutaan pun mungkin tidak perlu. Namun tetap akan ada pengeluaran, setidaknya untuk koneksi internet, untuk ongkos, dan sebagainya. Yah, ratusan ribu rupiah mungkin tetap dibutuhkan.

Anda juga bisa mengoptimalkan apa yang Anda miliki. Mungkin sudah punya komputer atau HP yang bisa online, itu pun bisa Anda manfaatkan. Jika tidak, mungkin harus memanfaatkan rental atau nebeng. Rental akan membutuhkan biaya. Begitu juga jika mau numpang di rumah teman dan saudara, mungkin butuh ongkos angkot atau untuk bensin.

Please, jangan sampai untuk hal-hal seperti itu saja Anda tidak mau mengeluarkan uang. Lebih baik tidak usah bisnis, serius. Jika tidak punya uang, carilah dulu, mungkin bekerja sementara, membantu orang, menjual produk orang lain dengan komisi dan sebagainya. Dari sini ketangguhan mental mulai dilatih.

Dengan uang yang cukup untuk operasional dan untuk koneksi internet, sebenarnya sudah bisa memulai bisnis. Mengenail produk, Anda bisa menjual produk siapa saja. Ada yang disebut dropshipping, sehingga Anda tidak perlu stok produk.

Untuk pemasaran, ada banyak teknik pemasaran yang gratis. Asal Anda tekun dan bekerja keras, pemasaran gratis pun bisa menghasilkan penjualan yang banyak. Belajar pemasaran pun bisa secara gratis dengan bertanya kepada teman, membaca artikel di internet (seperti ini), dan juga memanfaatkan video di youtube.

Bagaimana Cara Bisnis Online Bagi Pemula

“Tapi saya pemula pak? Bagaimana bisa bisnis online.”

Saya juga sama, dulu saya pernah menjadi pemula. Saya berubah jadi ahli karena saya sudah melalui prosesnya. Dimulai dengan belajar, kemudian saya mencoba. Kegagalan-kegagalan saya lalui menjadikan saya semakin mendapatkan banyak pelajaran. Begitu juga dengan Anda, Anda bisa menjadi ahli, master, mastah, atau apa pun namanya setelah melalui prosesnya.

Apalagi Anda Anda memiliki seorang mentor, akan mempercepat Anda menjadi ahli dalam bisnis online karena tidak perlu mengalami berbagai kegagalan demi kegagalan. Anda tidak perlu belajar dari pengalaman sendiri saja, tetapi juga bisa belajar dari pengalaman orang lain, termasuk mentor Anda.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online

Mulai dengan sebuah keputusan bahwa Anda memulai bisnis online sekarang juga. Untuk urusan produk, ilmu, dan berbagai hal yang diperlukan, itu bisa Anda dapatkan dalam perjalanan. Ada banyak model bisnis yang memudahkan Anda mendapatkan produk untuk dipasarkan. Salah satu contohnya bergabung dengan HNI, maka Anda sudah memiliki akses ke produk yang bisa Anda pasarkan tanpa banyak modal.

Bagaimana dengan ilmunya? Setelah Anda memutuskan untuk berbisnis online, Anda akan “terpaksa” untuk mempelajari ilmunya. Tenang saja. Anda tidak harus mengetahui segalanya diawal. Kuncinya adalah keputusan, kemudian yang lainnya bisa Anda dapatkan sambil berjalan.

Bagaimana Cara Menjalankan Bisnis Online

Sekali Anda tidak harus mengetahui segalanya sejak awal. Tidak perlu berpikir rumit. Anda bisa menjalankan bisnis diawali dengan apa yang sudah Anda fahami sambil terus meningkatkan kemampuan Anda. Lebih enak memang jika Anda mentor, Anda tinggal bertanya apa yang perlu dilakukan.

Jika tidak punya mentor, Anda bisa belajar sendiri dan coba-coba sampai Anda menemukan sebuah metode terbaik bagi Anda.

Belajar Bisnis Online Bagi Pemula dan Tanpa Modal

Ada banyak cara belajar bisnis online bagi pemula.

  • Seperti disebutkan diatas dengan memanfaat banyak artikel dan video gratis di internet. Kelemahannya memang tidak terstruktur, beda orang beda konsep (bikin bingung), harus coba-coba sendiri, tidak mengetahui cara mencari materi, dan sebagainya. Tapi itu bagian perjuangan yang perlu Anda lakukan jika mau sukses. Saya juga dulu seperti itu. Sampai sekarang saya masih belajar melalui artikel, ebook, dan video gratis. Bedanya saya sudah punya mindset yang saya kembangkan sendiri dari hasil belajar dan pengalaman sekian tahun (sejak 2002).
  • Belajar melalui kursus berbayar. Biasanya ini lebih spesifik, fokus, dan terstruktur. Ya, tantangannya adalah berbayar dan sering kali mahal. Kenapa tidak? Jika Anda sudah punya anggaran, tidak ada salahnya karena untuk kebaikan Anda sendiri. Atau Anda bisa mempelajari berbagai materi training di member area HPA Sukses.
  • Anda punya mentor. Ini yang terbaik karena Anda akan diarahkan dan bimbing. Mentor adalah jalur cepat belajar karena Anda akan diarahkan ke hal-hal paling penting tanpa harus mengetahui ilmu detilnya terlebih dahulu. Mentor mahal? Ya tentu saja. Tapi ada cara gratis, gabung HNI melalui HPA Sukses. Selain saya akan menjadi mentor Anda, masih ada mentor lain yang siap membantu. Saya pun masih punya mentor sampai detik ini.

Jadi, ambil keputusan sekarang juga, mulai bisnis online!

Membangun Sistem dan Tim

Jika Anda membangun bisnis biasa, ya tentu Anda harus membangun tim dan sistem. Anda merekrut orang, menggaji, dan membayar konsultan atau membangun sistem sendiri. Namun ini bisa dilakukan secara bertahap. Anda bisa mulai bisnis dengan jualan sendiri, kemudian rekrut satu per satu orang yang dibutuhkan. Ajarkan mereka cara menjalankan tugasnya.

Sebenarnya Anda sudah mulai memiliki tim dan sistem (meski masih di kepala Anda). Selanjutnya tinggal tuangkan sistem yang ada di kepala Anda ke dalam bentuk tulisan. Sistem itu pada dasarkan prosedur-prosedur bagaimana cara menjalankan bisnis Anda dengan baik.

Bagaimana jika bergabung dengan HNI? Ini lebih baik lagi. Tim yang Anda bentuk adalah independence, Anda tidak perlu menggaji mereka karena sistemnya kemitraan. Anda juga tidak perlu membuat sistem karena sudah ada dari perusahaan. Dan Anda tidak perlu membangun tim besar sendirian, karena setiap anggota tim Anda yang serius, akan membangun tim juga.

OK, jelas ya? Tidak ada lagi hambatan, Anda tinggal mulai. Jika ada yang masih bingung, Anda bisa mencari ilmunya kemudian atau tinggal tanya mentor.

Latest posts by Rahmat, LED - Owner HPA Sukses (see all)