Semua Orang Bisa Menjadi Wirausaha Sukses

(Last Updated On: February 21, 2019)

Jika ada bertanya, semua orang bisa menjadi wirausaha, jawaban saya, yakin bisa, in syaa Allah. Bahkan bukan hanya sebagai wirausaha saja, tetapi yang sukses.

Apakah butuh bakat? Ya, tentu saja butuh. Tapi, Anda sudah memiliki bakat itu. Bakat Anda yang sekarang sudah cukup sebagai modal menjadi pengusaha sukses. Yang Anda perlukan, apa pun bakat Anda, manfaatkan untuk meraih sukses dalam wirausaha.

Jika Anda merasa tidak punya bakat, itu pun tidak masalah. Sebenarnya Anda punya bakat, tetapi belum mengetahuinya. Dan yang terpenting adalah, ada yang jauh lebih penting, dibandingkan bakat, yaitu kekuatan passion dan kegigihan.

Jika Anda benar-benar ingin menjadi pengusaha sukses dan siap berusaha dengan gigih, in syaa Allah Anda akan berhasil. Tidak peduli bakat Anda saat ini, tidak peduli latar belakang Anda, tidak peduli Anda punya modal atau tidak.

Haruskah Punya Modal?

Bisakah sukses tanpa modal?

Jawaban saya adalah: Anda harus punya modal dan Anda tidak akan sukses tanpa modal. Serius.

Bagaimana jika tidak punya modal?

Jawaban saya adalah: cari. Jika Anda tidak punya modal, maka tugas Andalah yang mencari.

“Tapi ….”

STOP. Jangan dilanjutkan. Sebenarnya bukan masalah modal yang menghambat Anda dalam wirausaha, tetapi sering mengatakan “tapi“. Berasalan kemudian menyerah. Ini masalah mindset.

Modal adalah bagian dari bisnis. Masih ada selain modal yang dibutuhkan. Dan, apa pun yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pengusaha, maka Anda harus mengusahakannya. Ingat, namanya juga pengusaha. Ya usaha dong.

Jangan minta sama saya. Kenapa? Emang siapa yang mau bisnis? Anda atau saya. Saya sendiri butuh modal, maka saya akan berusaha sendiri mencari modal.

“Tapi saya tidak bisa mencari modal.”

Tuh kan, tapi lagi.

Sekali lagi usaha. Jika tidak bisa, maka berusahalah agar bisa. Jika tidak mengetahui, maka berusahalah agar mengetahuinya.

Tidak MAU berusaha? Ya, jangan jadi pengusaha. Ciri khas pengusaha adalah berusaha.

Masih mau lanjut baca artikel ini?

“Bukankah ada bisnis tanpa modal atau dengan modal kecil?”

Ya tentu saja ada. Saya tidak mengatakan tidak ada. Meski Anda memulai bisnis dengan nol rupiah atau puluhan ribu rupiah, tetap Anda membutuhkan modal. Modal itu tidak selalu uang. Modal terpenting adalah diri Anda dengan segala kelebihannya.

Modal itu kemampuan Anda, kerja keras Anda, pengorbanan Anda, juga waktu Anda. Tidak harus uang. Siap Anda memberikan modal itu untuk bisnis.

HNI adalah salah satu cara memulai bisnis dengan modal sangat kecil.

“Tapi kan HNI …”

Yahh … bilang tapi lagi.

Syarat Menjadi Pengusaha Sukses

Jadi, syarat menjadi pengusaha bukanlah modal. Modal itu bisa dicari. Anda juga bisa memilih bisnis dengan modal kecil seperti HNI bersama HPA Sukses. Yang penting, Anda memiliki 3 syarat ini untuk menjadi pengusaha sukses.

Kemauan Menjadi Pengusaha Yang Kuat

Bukan kemauan omong kosong. Banyak ngaku mau menjadi pengusaha, tetapi hanya omong kosong belaka. Cirinya:

  • menemui kesulitan, dia menyerah
  • tidak punya uang, dia menyerah
  • tidak bisa, dia menyerah
  • tidak tahu apa yang harus dilakukan, dia menyerah
  • bingung, menyerah juga
  • mengalami penolakan, dia menyerah
  • gagal, dia menyerah
  • belum menghasilkan, dia menyerah

Selain menyerah, orang yang tidak memiliki kemauan kuat lebih suka mengutuk dan menyalahkan. Dia tidak berusaha dengan kuat. Dia tidak mencari cara. Dia tidak mencoba lagi. Orang yang tidak memiliki kemauan kuat, lebih suka beralasan dan mencari pembenaran atas kegagalan dia.

Orang yang memiliki kemauan kuat akan sebaliknya. Dia akan berusaha keras, tidak akan dihentikan oleh kekurangan, keterbatasan, hambatan, dan rintangan. Dia juga tidak akan berhenti saat menemui kegagalan dan melakukan kesalahan. Dia akan terus mencoba lagi.

Jika usahanya belum menghasilkan, dia akan terus berusaha, memperbaiki apa yang dia lakukan, terus mencoba, terus meningkatkan kualitas, dan seterusnya sampai berhasil. Tidak mengeluh apalagi menyalahkan yang lain.

Sering kali kegagalan menjadi pengusaha sukses karena tidak memenuhi syarat yang pertama ini: kemauan. Cirinya adalah mudah menyerah, bahkan banyak yang menyerah sebelum bertindak.

Bagaimana dengan Anda? Punya kemauan kuat?

Memiliki Pengetahuan Tentang Wirausaha

Kadang ada orang yang mengatakan, “saya tidak suka teori, ingin lansung action (bertindak)”. Pertanyaanya adalah, Anda mau bertindak apa? Apa saja yang mau Anda lakukan?

Sudah mengetahuinya belum? Jika sudah maka Anda bisa bertindak. Jika belum, Anda mau melakukan apa? Jadi Anda harus mengetahui apa yang akan Anda lakukan. Anda harus mengetahui. Jadi pengetahuan itu penting. Ilmu itu penting. Teori itu penting.

Memang, pada kenyataanya ilmu, pengetahuan, atau teori atau apalah namanya tidak akan sesuai dengan kenyataanya. Itu karena ilmu itu sebuah proses penyederhanaan yang tujuannya agar Anda memahami. Ilmu itu didapatkan dari banyak praktek orang lain, dari percobaan, dan berbagai analisa.

Dengan pengetahuan Anda akan memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang perlu dilakukan. Dengan pengetahuan Anda bisa bertindak, karena bagaimana mau bertindak jika Anda tidak mengetahui apa yang perlu Anda lakukan.

Cara mendapatkan pengetahuan: membaca, mengikuti pelatihan, mentoring, coaching, dan banyak cara lainnya.

Kemampuan Menjalani Proses Menjadi Pengusaha Sukses

Setelah Anda mengetahui apa yang perlu Anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah Anda mampu melakukannya. Jika tidak mampu, bagaimana Anda bisa menjalankannya.

Hanya saja, berkaitan dengan kemampuan, seringkali orang salah tentang kemampuan ini. Banyak yang fokus pada kemampuan teknis. Menghabiskan waktu untuk kemampuan teknis. Misalnya Anda mau membuka rumah makan, Anda belajar memasak semua menu. Bukan seperti itu.

Kemampuan menjadi pengusaha yang penting adalah menjual dan memimpin.

Bukan jualan seperti sales, tetapi bagaimana dia menjual ide, menjual misi, untuk mendapatkan rekan, pemodal, karyawan terbaik, dan sebagainya. Jika Anda bergabung HNI, jelas Anda perlu mampu mengajak orang bergabung HNI bukan? Apa pun bisnis Anda, menjual atau mengajak akan menjadi bagian penting bisnis Anda.

Anda harus mampu meyakinkan agar orang-orang yang dibutuhkan mendukung bisnis Anda. Jika Anda bisnis pada umumnya, Anda harus bisa meyakinkan investor agar Anda mendapatkan modal, meyakinkan rekan agar mau bekerja sama, meyakin supplier, meyakinkan berbagai pihak untuk mewujudkan bisnis Anda.

Di HNI Anda cukup meyakinkan orang bergabung dengan HNI. Itu pun sudah disiapkan panduannya di member area.

Kemampuan penting kedua adalah leadership. Anda tidak perlu jago memasak untuk menjadi pengusaha kuliner. Anda perlu bisa memimpin tim Anda yang terdiri dari juru masak, pramu saji, kasir, dan sebagainya agar memberikan pelayanan sebaik mungkin.

Di bisnis HNI, Anda tidak perlu mengajak ribuan orang sendirian. Yang Anda perlukan adalah memimpin tim Anda agar masing-masing membangun timnya sehingga otomatis tim Anda akan besar. Tim Anda besar, omset besar, maka bonus Anda besar.

Dan tentu masih ada kemampuan-kemampuan yang perlu Anda miliki. Anda akan mengetahuinya saat Anda sudah mulai menjalankan bisnis. Anda bisa mengembangkan kemampuan dengan mencoba, berlatih, dan membiasakannya. Kemampuan didapatkan dari praktek dan pengalaman.

Satu Kunci Yang Mempermudah Menjadi Pengusaha Sukses

Saya mengalaminya, jika tidak punya ini, perkembangan Anda akan lambat bahkan banyak yang gagal. Hanya saja sebagian orang seringkali mengabaikannya, menganggap tidak penting.

Yang akan memudahkan Anda menjadi seorang pengusaha sukses itu adalah kehadiran seorang mentor. Kehadiran seorang mentor adalah cara cepat belajar menjadi pengusaha sukses sambil belajar.

Anda tidak perlu bingung dengan pengetahuan dan kemampuan. Saat Anda mentor, Anda akan diarahkan. Seperti disebutkan diatas, pengetahuan dan kemampuan itu tidak berkaitan dengan teknis, tetapi lebih kepada mindset. Dan, mentor Anda akan mengarahkannya.

Jika Anda serius menjadi pengusaha, usahakan memiliki mentor, bahkan jika harus membayar mahal sekali pun.

Enaknya di bisnis HNI, Anda akan otomatis memiliki mentor. Jika Anda gabung melalui HPA Sukses, maka saya yang akan menjadi mentor Anda.

Kesimpulan

Untuk bisa mengendarai sepeda motor saja, Anda membutuhkan 3 syarat diatas: kemauan belajar, pengetahuan dasar tentang sepeda motor, dan mampu menjalankan sepeda motor. Jika Anda belum memiliki 3 syarat itu, maka Anda berusaha mendapatkannya.

Apalagi sebuah bisnis. Dimana bisa mengubah hidup Anda. Adalah naif jika Anda berharap bisa menjadi pengusaha sukses tanpa kemauan kuat, tanpa pengetahuan wirausaha, dan tanpa kemampuan menjalankan bisnis. Kuncinya adalah kemauan. Pengetahuan dan kemampuan bisa Anda dapatkan jika Anda mau berusaha mendapatkannya.

Dan jangan abaikan peran mentor, sangat penting untuk memudahkan Anda menjadi pengusaha.

Rahmat, LED - Owner HPA Sukses

Ijinkan saya menjadi mentor Anda. Saya akan bagikan pengalaman saya menjalankan bisnis HNI, strategi, sistem, metode, taktik, dan alat bantu sehingga menjadi seorang Agen HNI dengan penghasilan jutaan rupiah per bulan atau lebih.
Login disini | Daftar Disini

Latest posts by Rahmat, LED - Owner HPA Sukses (see all)

Tentang HPA Sukses

Direferensikan oleh: Rahmat 081322602096

Chat via WhatsApp

Daftar Disini

HPA Sukses