Rahasia Sukses Memiliki Penghasilan Sampingan Yang Besar

(Last Updated On: September 11, 2019)

Maukah saya tunjukan, Rahasia Sukses Memiliki Penghasilan Sampingan yang besar tanpa harus mengganggu pekerjaan utama dan kehidupan keluarga Anda? Baik bagi Anda yang sudah memulainya, sudah berjalan, atau baru mikir-mikir.

Banyak yang mengira, untuk mendapatkan penghasilan itu cukup berjualan atau mencari pekerjaan tambahan, kemudian hidupnya terjebak dalam kesibukan yang menguras waktu dan tenaga, sehingga kesehatan terganggu dan waktu untuk keluarga berkurang.

Untuk itulah tulisan ini dibuat, saya akan tunjukan mindset dan strategi agar Anda bisa memiliki penghasilan tambahan yang besar, yang bisa meningkatkan ekonomi keluarga, tanpa harus mengorbankan kesehatan dan keharmonisan keluarga.

4 Cara Meraih Penghasilan Sampingan

Apa cara terbaik memiliki penghasilan tambahan? Sebelum kita membahas tentang Rahasia Sukses Memiliki Penghasilan Sampingan, ada baiknya kita memahami dulu tentang cara-cara meraih penghasilan secara umum. Ada empat cara mendapatkan uang atau penghasilan

  1. Pekerjaan tambahan selain pekerjaan utama Anda
  2. Self employe seperti menjadi penyedia jasa, konsultan, berjualan, dan sebagainya yang Anda lakukan sendiri disela-sela waktu luang Anda.
  3. Bisnis, dimana ada tim dan sistem yang bisa bekerja untuk Anda
  4. Investasi.Yang terbaik tentu saja investasi. Jika Anda sudah memiliki uang, perlu dipertimbangkan bagaimana caranya agar uang Anda bisa menghasilkan uang lagi. Misalnya yang paling umum dilakukan adalah investasi properti untuk disewakan. Atau investasi yang lainnya. Anda perlu belajar, memiliki ilmunya, itu sangat penting.

Namun tidak semua orang bisa melakukan investasi, maka pilihannya adalah bisnis. Kenapa? Karena pekerjaan tambahan dan self employe itu menukar uang dengan waktu. Sementara bisnis, ada tim dan sistem yang memungkinkan Anda tidak harus menukar uang dengan waktu Anda.

Pilih yang Mana?

  1. Jadi pilihan terbaik sumber penghasilan tambahan adalah bisnis.
  2. Karena waktu yang terbatas, maka Anda perlu melakukannya secara efektif, efisien, dan produktif.
  3. Bangunlah aset. Asetlah yang akan menghasilkan uang. Saya tidak bicara hanya aset properti, tetapi banyak aset yang bisa dibangun tanpa uang, salah satunya adalah aset digital.

3 Rahasia Sukses Memiliki Penghasilan Sampingan

Jika Anda mau sukses, ada 3 hal yang harus dimiliki, yaitu sistem yang akan meningkatkan peluang Anda dalam meraih sukses.

  • Yang pertama adalah kemauan yang kuat
  • yang kedua adalah pengetahuan yang cukup
  • dan yang ketiga adalah kemampuan yang memadai

Sistem ini berlaku untuk meraih sukses dalam bidang apa pun, termasuk untuk meraih sukses dalam usaha Anda memiliki sumber penghasilan sampingan.

Kemauan Yang Kuat

Kunci sukses yang pertama adalah kemauan yang kuat. Tanpa kemauan yang kuat, Anda tidak akan sukses. Saya jamin itu. Karena dalam prakteknya, Anda akan bertemu dengan berbagai halangan, hambatan, dan tantangan. Jika kemauan Anda lemah, Anda akan menyerah dan akan gagal. Untuk itu perlu memiliki keinginan yang yang kuat, jika Anda mau sukses. Jika kemauan Anda tidak kuat, maka sudahlah tidak usah memulai karena hanya akan membuang waktu saja.

  1. Dream. Sumber kemauan yang pertama adalah impian Anda. Coba renungkan, apakah Anda memiliki impian dalam hidup Anda? Seperti apa kehidupan keluarga Anda di masa depan yang Anda impikan? Apakah Anda menginginkan rumah impian? Mobil impian? Menunaikan haji dan umroh? Coba renungkan dan tuliskan apa yang benar-benar Anda inginkan.
  2. Fear. Sumber kemauan yang kedua adalah ketakutan. Apa yang Anda takutkan sehingga Anda harus memiliki penghasilan tambahan? Takut anak-anak Anda tidak mendapatkan gizi atau pendidikan terbaik? Takut miskin? Takut dihina orang? Takut mengecewakan orang-orang yang mencintai Anda? Maka jadikan ketakutan ini sebagai energi untuk meraih sukses.
  3. Mission. Mungkin juga kemauan Anda digerakan karena sebuah misi. Anda merasa terpanggil untuk melakukan sesuatu. Uang bukanlah tujuan utama Anda, tetapi memberikan kontribusi bagi sesama yang menggerakan Anda.

Pengetahuan Yang Cukup

Lalu pengetahuan apa saja yang perlu dimiliki? Banyak orang yang ingin langsung bergerak atau action, tidak mau “banyak teori” katanya. Justru, salah satu faktor kegagalan terbanyak dalam berbisnis adalah karena pemilik bisnis tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengelola bisnisnya.

Pengetahuan terpenting yang pertama adalah tentang fiqh niaga. Bagi Anda umat Islam, kehalalan adalah rambu utama. Bukan hanya mengejar keuntungan, tetapi juga harus halal. Untuk itu, perlu lah kita belajar tentang fiqh niaga agar tidak terjebak pada masalah yang haram dan riba. Saya bukanlah orang yang memiliki kapasitas untuk menjelaskan hal ini. Anda bisa merujuk ke berbagai fatwa MUI tentang ini dan bertanya kepada para ulama.

Pengetahuan terpenting yang kedua dalam berbisnis adalah marketing atau pemasaran. Pemasaran adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam bisnis. Anda boleh saja tidak bisa membuat produk, tetapi tidak ada ampun untuk pemasaran. Karena, pemasaranlah yang menjadikan produk Anda laku dan menghasilkan uang. Belajarlah ilmu pemasaran, minimal dasar-dasarnya. Fahami apa itu strategi, taktik, dan branding. Menjual hanyalah salah satu unsur dari ilmu pemasaran.

Dan pengetahuan yang terpenting yang ketiga adalah manajemen waktu. Sebenarnya saya lebih suka menyebutnya dengan manajemen aktivitas. Tiga kunci agar Anda efektif, efisien, dan produktif:

  • Yang pertama: memilih apa yang Anda lakukan, yaitu fokus pada yang terpenting, meninggalkan yang tidak penting atau tidak bernilai
  • Yang kedua: Bagaimana memprioritaskannya? Memprioritaskan adalah mengurutkan pekerjaan berasarkan urgensi dan kepentingannya.
  • Dan yang ketiga BAGAIMANA cara Anda melakukannya?

Ada tiga rahasia, agar Anda bisa menjalankan bisnis secara efektif, efisien, dan produktif.

  • Yang pertama Anda harus memahami apa yang disebut sistem. Berkerjalah secara sistematik. Buat sistem, kemudian jalankan, kemudian perbaiki sistem sampai bisa menghasilkan hasil yang diinginkan secara konsisten.
  • Yang kedua adalah leverage atau daya ungkit. Leverage adalah sesuatu, yang jika dilakukan dengan cara yang benar, akan meningkatkan hasil dan atau mengurangi beban kerja Anda.
  • Dan yang ketiga adalah otomatisasi. Artinya, jika ada pekerjaan yang bisa dilakukan secara otomatis, maka usahakan agar bisa otomatis. Ini akan mengurangi beban kerja Anda.

Kemampuan Yang Memadai

Dan sistem sukses yang ketiga adalah kemampuan. Setelah Anda memiliki kemauan yang kuat dan pengetahuan yang memadai bagaimana caranya menjalankan bisnis yang efektif, efisien, dan produktif, maka selanjutnya adalah Anda harus memiliki kemampuan menjalankannya. Tentu saja, Anda harus mampu menerapkan pengetahuan Anda dalam menjalankan bisnis. Juga ada tiga kemampuan penting, sebagai langkah awal dalam menjalankan bisnis sampingan Anda.

Yang pertama adalah Anda harus mampu mendisiplinkan diri. Tanpa disiplin Anda tidak akan sukses. Disiplin adalah melakukan apa yang seharusnya dilakukan dengan cara yang seharusnya. Disiplin adalah kemampuan melakukannya setiap hari. Banyak orang yang gagal karena tidak disiplin.

Yang kedua adalah kemampuan membuat konten online. Sekarang zamannya internet dan pemasaran paling mudah dan terjangkau adalah pemasaran online. Dan satu skill terpenting dalam pemasaran online adalah membuat konten. Konten juga, bukan hanya sebagai amunisi pemasaran, juga sebagai aset digital. Konten itu bisa

  • Tulisan
  • Gambar
  • dan Video

Dan kemampuan ketiga yang terpenting adalah menjual. Sebab hanya dengan menjuallah Anda akan mendapatkan uang. Saya tidak mengatakan menjual secara tatap muka dan door to door, tetapi menjual secara umum. Jadikan konten sebagai media untuk menjual. Anda bisa menjual melalui tulisan di website, menjual dengan gambar, dan menjual dengan video.

Ya, tentu saja, masih ada kemampuan-kemampuan lain yang perlu Anda miliki, termasuk kemampuan keuangan yang juga sangat penting. Bisa Anda pelajari secara bertahap. Namun 3 kemampuan inilah yang cukup penting menjadi prioritas utama Anda

Penutup

Mungkin Anda melihat ada banyak PR yang harus Anda kerjakan. Memang betul. Hanya saja saya tidak mengatakan semuanya harus dilakukan sekaligus. Kerjakan saja secara bertahap.

  • Mulailah dengan menumbuhkan kemauan, apa alasan terbesar Anda memiliki penghasilan tambahan?
    • Apakah untuk meraih mimpi?
    • Apakah untuk menghindari ketakutan?
    • Atau ada misi tertentu yang ingin Anda lakukan?
  • Kemudian Mulailah berlajar tentang bisnis. Langkah pertama tentang gambaran besarnya dulu, baik berkaitan agama maupun praktek bisnis. Ini bisa dilakukan sambil praktek. Jadi tidak usah nunggu sampai faham dulu segalanya.
  • Kemudian kembangkan kemampuan Anda. Cara terbaik adalah dengan praktek. Jam terbang akan membangun kemampuan Anda. Jadi langsung saja praktek, jangan berhenti karena gagal, jangan takut karena jelek, lakukan saja meski masih tidak sempurna. Lama-lama akan terbiasa, akan mudah, dan akan semakin mahir. Mengikuti pelatihan dan kursus tentu akan memberikan nilai tambah dan percepatan dalam menguasai sebuah kemampuan.

Tentu saja tidak semua tercakup dalam artikel singkat ini, namun sudah cukup memberikan gambaran, mindset, kerangka pengetahuan, dan kemampuan yang perlu Anda miliki dan Anda sudah mulai bisa membuat rencana untuk mengaplikasikannya. Inilah Rahasia Sukses Memiliki Penghasilan Sampingan yang besar, semoga bermanfaat.

Rahmat, LED - Owner HPA Sukses

Ijinkan saya menjadi mentor Anda. Saya akan bagikan pengalaman saya menjalankan bisnis HNI, strategi, sistem, metode, taktik, dan alat bantu sehingga menjadi seorang Agen HNI dengan penghasilan jutaan rupiah per bulan atau lebih.
Login disini | Daftar Disini

Latest posts by Rahmat, LED - Owner HPA Sukses (see all)

Tentang HPA Sukses

Direferensikan oleh: Rahmat 081322602096

Chat via WhatsApp

Daftar Disini

HPA Sukses