Persiapan Keuangan Sebelum Berhenti Kerja Yang Lebih Baik

(Last Updated On: December 13, 2018)

Menabung Bukan Satu-satunya Persiapan

Banyak yang berpikir, sebelum berhenti bekerja, kita perlu menabung sehingga tabungan kita cukup dalam masa menunggu, baik menunggu pekerjaan baru atau menunggu bisnis mulai menghasilkan.

Ada yang mengatakan, setidaknya harus cukup untuk 3 bulan. Ada juga yang mengatakan 1 tahun atau 2 tahun. Adalah terlalu optimistik mengatakan dalam 3 bulan kita akan mendapatkan pekerjaan baru atau bisnis mulai menghasilkan. Karena nyatanya tidak semudah itu.

Jika kita mempersiapkan untuk waktu 1 atau 2 tahun, tentu tidak sedikit tabungan yang perlu kita siapkan. Coba saja, berapa gaji Anda saat ini kemudian kalikan dengan 12 atau 24, bukankah akan cukup besar.

Nyatanya, meski Anda memiliki tabungan yang cukup untuk 2 tahun, tidak menjamin Anda mendapatkan pekerjaan baru dan bisnis Anda sudah bisa diandalkan.

Optimis boleh, namun kita perlu melakukan persiapan maksimal.

Menabung tentu saja persiapan yang penting, namun bukan hanya tabungan yang perlu dipersiapkan.

Dua Persiapan Lainnya Yang Perlu Disiapkan

Selain saldo tabungan yang cukup, berkaitan dengan keuangan, ada 2 hal yang perlu Anda persiapkan agar Anda lebih siap menghadapi berhenti bekerja atau pensiun dini.

Yang pertama adalah persiapan mental dan yang kedua persiapan sumber penghasilan.

Persiapan Mental atau Mindset

Terutama bagi Anda yang akan mengubah haluan menjadi pebisnis. Mindset pebisnis tentu akan berbeda dengan mindset seorang karyawan. Jika mindset karyawan dibawa ke bisnis, maka tidak akan cocok dan akan membawa kepada kegagalan yang akhirnya menyerah.

Saya tidak mengatakan mindset mana yang lebih baik, namun yang ingin saya sampaikan adalah harus cocok penggunaannya. Jika Anda mau menjadi seorang pebisnis, maka miliki mindset sebagai seorang pebisnis.

Bagaimana caranya?

Dengan belajar dan mulai praktek. Anda belilah buku-buku kewirausahaan kemudian baca. Anda akan menyerap berbagai mindset para pebisnis yang dituangkan dalam bukunya. Selain buku bisa ebook, video, seminar, atau pelatihan.

Juga penting Anda mulai praktek karena dengan praktek mindset-mindset yang akan lebih difahami dan lebih melekat pada diri Anda.

Persiapan Sumber Penghasilan

Meski Anda punya tabungan, akan lebih baik saat Anda berhenti bekerja Anda sudah memiliki penghasilan yang cukup. Banyak orang yang berhenti bekerja tanpa mempersiapkan sumber penghasilan baru. Mengndalkan tabungan, dan saat tabungan habis sementara bisnis belum jalan, dia akan kerepotan.

Caranya tidak lain dengan memulai bisnis meski Anda masih bekerja. Anda bisa memiliki bisnis sampingan yang bisa dilakukan disela-sela kesibukan dan akan memberikan hasil yang memadai. Tentu saja jangan mendadak, karena bisnis butuh waktu sampai menghasilkan apalagi bisnis sampingan.

Miliki waktu membangun bisnis sampingan 1-4 tahun misalnya. Tergantung kecepatan Anda, waktu itu cukup untuk mempersiapkan bisnis Anda memiliki penghasilan yang memadai.

Salah satunya adalah dengan menjalankan bisnis HNI bersama HPA Sukses. Bisa dijalankan sambil bekerja, tidak menyita banyak waktu, bisa secara online, modal kecil, dan sudah disiapkan berbagai panduan yang bisa Anda akses secara online.

Tentang HNI. Tentang HPA Sukses.

Rahmat, LED - Owner HPA Sukses

Ijinkan saya menjadi mentor Anda. Saya akan bagikan pengalaman saya menjalankan bisnis HNI, strategi, sistem, metode, taktik, dan alat bantu sehingga menjadi seorang Agen HNI dengan penghasilan jutaan rupiah per bulan atau lebih.
Login disini | Daftar Disini

Latest posts by Rahmat, LED - Owner HPA Sukses (see all)

Tentang HPA Sukses

Daftar Disini

Direferensikan oleh: Rahmat 081322602096

HPA Sukses