Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Cara Alami

(Last Updated On: January 2, 2019)

Menjaga kesehatan tubuh dengan cara alami sudah menjadi tren saat ini. Mencegah itu lebih baik dan lebih murah dibandingkan dengan mengobati. Apalagi secara alami, yang diyakini tidak akan menimbulkan efek negatif dari bahan kimia.

Kadang banyak orang yang berpikir gaya hidup sehat alami itu mahal. Memang betul, kita harus mengeluarkan uang, pengeluaran kita bertambah. Namun tetap jauh lebih murah dibandingkan kita harus mengobati saat kita terkena penyakit.

Saat kita sakit, sebenarnya bukan hanya masalah uang. Aktivitas yang terganggu dan yang jarang diperhatikan namun justru ini adalah intinya: rasa sakit. Saat kita sehat, kita akan terhindar rasa sakit itu dan ini tidak ternilai harganya.

Menjaga kesehatan, bukan hanya menghindari biaya Rumah Sakit, tetapi yang lebih penting adalah menghindari rasa sakit itu sendiri. Biaya rumah sakit mungkin terbantu oleh BPJS atau asuransi lainnya, tetapi tidak ada asuransi yang menjamin kita tidak merasakan rasa sakit.

Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Cara Alami

Apa yang Dimaksud Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Cara Alami?

Faktor Penentu Kesehatan

Banyak yang berpikir, menjaga kesehatan cara alami itu, kalau sakit tidak minum obat kimia, tetapi minum jus atau obat herbal. Memang betul, tetapi tidak sampai disana. Tidak sekedar itu. Jika kita mau sehat, kita harus memperhatikan semua aspek dalam kehidupan kita.

Tahukah Anda, bahwa kesehatan itu bukan hanya ditentukan oleh faktor fisik saja. Tetapi ada 4 faktor yang menentukan kesehatan kita:

  1. Spiritual (50%)
  2. Mental (20%)
  3. Emosi (20%)
  4. Jasmani (10%)

Yang  terpenting itu adalah spititual, kemudian mental dan emosi, baru jasmani. Data ini diambil dari buku Perubatan Jawi karya Tn. Haji Ismail.

Jadi, selain Anda melakukan cara alami seperti minum obat herbal, jus, dan rajin olah raga (yang sesuai), juga penting (bahkan sangat penting), membenahi spiritual, mental, dan emosi.

Spiritual adalah berkaitan keimanan kepada Allah, ikhlas, shabar, dan bertawakal kepada Allah. Mental berkaitan dengan cara berpikir, Anda harus selalu berpikir positif atau optimis. Emosi engatif juga sangat mempengaruhi kesehatan kita, jagalah agar tetap positif. Dan tentu jaga jasmani. Inilah disebut pengobatan holistik.

Peran Obat Herbal (Alami)

Meski perannya “hanya 10%” namun tetap harus kita perhatikan sebagai ikhtiar kita dalam menuju dan menjaga kesehatan. Ikhtiar wajib dilakukan, seperti saran Rasulullah shallallahu alaihi wasallam kepada para sahabat untuk meminum madu, habbatussauda, dan dibekam. Artinya ikhtiar tetap perlu dilakukan.

Banyak masyarakat yang masih berpikir bahwa obat herbal itu sebagai pengganti obat kimia dengan cara kerja yang sama. Misalnya, jika sakit kepala, minum obat, kemudian hilang sakit kepalanya. Obat herbal, lebih dari itu perannya. Lebih menyeluruh, bukan hanya menghindari gejala saja.

Sebelum membahas peran obat herbal, kita perlu memahami sumber penyakit dalam tubuh:

  1. Toksin (racun) yang tertimbun dalam tubuh.
  2. Ketidak seimbangan angin dan suhu
  3. Disfungsi organ tubuh karena radang, racun, atau ketidak seimbangan.

Sehingga agar kita sehat, kita harus mengatasi ketiga hal tersebut. Untuk itulah fungsi herbal dibuat:

  1. Cleansing (detoks) atau membesihkan tubuh.
  2. Menyeimbangan angin dan suhu
  3. Renerasi dan revitalisasi organ tubuh

Jadi tujuan penggunaan herbal adalah:

  1. Sebagai nutrisi tubuh agar mencukupi dan seimbang agar tubuh sehat.
  2. Meningkatkan sistem imunitas.
  3. Mengeluarkan racun dari tubuh.
  4. Merilekskan tubuh.
  5. Meregerasi sel-sel tubuh yang mati atau rusak.
  6. Refunction/revitalisasi tubuh.

Menurut Tn. Haji Ismail, seorang ahli herbal asal Malaysia, herbal tidak dianjurkan pemakaiannya pada penyakit infeksi yang bersifat akut (cepat), tetapi lebih diutamakan untuk pemeliharaan kesehatan dari penyakit-penyakit kronik.

Jangan Nunggu Sakit

Masih banyak orang berpikiran bahwa sehat itu, jika sakit, terus diobati, dan sembuh. Rugi kalau begitu. Bisa jadi biaya pengobatan/kesembuhan itu mahal dan kita sudah merasakan sakitnya. Akan lebih baik, kita menjaga kesehatan agar tetap sehat sehingga jarang atau tidak sakit lagi. Seperti Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, yang sepanjang hidupnya nyaris tidak pernah sakit, kecuali menjelang beliau meninggal.

Untuk itu kita perlu mengubah gaya hidup kita agar kita sehat selalu.

  1. Mulai dari membenahi spiritual kita. Lebih dekat dengan Allah dengan cara selalu mengingat-Nya dan meningkatkan ibadah sehari-hari. Jaga ibadah wajib, perbanyak ibadah sunnah, dan hindari dosa.
  2. Membenahi mental kita, selalu optimis dan berpikiran positif. Hindari informasi-informasi yang malah membuat kita khawatir berlebihan. Arahkan pikiran pada apa yang kita inginkan, yaitu kesehatan.
  3. Jaga emosi kita agar tidak stress, tidak sedih, tidak kecewa, dan jangan suka marah-marah terus. Usahakan tetap bahagia dan ceria. Jangan kaitkan kebahagiaan dengan pencapaian tertentu, tetapi bahagialah sekarang. Ya, sekarang, tidak perlu nunggu apa-apa lagi.
  4. Jaga kesehatan fisik:
    • Hindari racun, mulai dari zat aditif makanan, pewarna kimia, asap rokok, dan berbagai sumber racun lainnya. Konsumsilah makanan yang halal DAN toyyib.
    • Keluarkan racun (detoks) dengan puasa, olah raga, banyak minum, dan mengkonsumsi herba yang berfungsi mengeluarkan racun dari tubuh. Selama ini, puluhan tahun, mungkin kita tanpa sadar sudah memasukan racun ke tubuh kita. Kini saatnya untuk mengeluarkannya.
    • Jaga keseimbangan angin dan suhu dalam tubuh. Masalah ketidak seimbangan angin dapat diselesaikan dengan herba yang bersifat karminatif, yaitu herba yang bisa mengeluarkan angin dalam tubuh. Masalah ketidakseimbangan suhu bisa diselesaikan dengan penggunaan herba diuretic, yaitu herba yang bisa melakukan penyeimbangan suhu melalui proses pembuangan cairan tubuh.
    • Renerasi dan refunction/revitalisasi organ tubuh dengan herbal peningkat imunitas dan yang meregenerasi sel tubuh.
    • Jangan lupa rajin olah raga, tidur yang cukup, dan gizi yang cukup serta seimbang.

In syaa Allah produk-produk herbal HNI akan membantu Anda menjaga kesehatan fisik. Mungkin belum banyak yang kita fahami dari ulasan singkat ini. Untuk itulah, bergabunglah dengan HNI, wawasan dan ilmu tentang mengobatan alami akan bertambah. Plus dengan adanya berbagai training berkaitan kesehatan. Salah satu manfaat bergabung HNI adalah SMART, baik tentang bisnis maupun kesehatan.

HNI juga akan membantu Anda, memberikan peluang untuk mendapatkan penghasilan agar bisa mendapatkan makanan, mimuman, buah-buahan, dan produk herbal untuk menjaga kesehatan.

Info

Daftar Disini

Sponsor Anda: Rahmat 081322602096

HPA Sukses