Ingin Berhenti Kerja Tapi Takut – Ini Solusinya

(Last Updated On: February 14, 2019)

Banyak yang ingin berhenti kerja tapi takut, apakah Anda salah satunya?

Apa yang ditakutkan? Kebanyakan orang takut hidupnya menjadi lebih sulit karena berkurangnya penghasilan. Mungkin ada alasan lain, namun pada umumnya itu.

Pendorong keinginan berhenti bekerja juga macam-macam. Saya sendiri tidak suka rutinitas yang membosankan. Saya ingin merdeka. Ada yang karena ingin lebih dekat dengan keluarga atau anak-anak (terutama ibu-ibu) – berhenti bekerja demi anak. Ada juga ingin lepas bekerja di bank karena riba. Dan sebagainya.

Terlepas apa pun alasan Anda, mudah-mudahan artikel ini akan membantu Anda mengatasinya, terutama masalah keuangan.

ingin berhenti kerja tapi takut

Berhenti Bekerja dan Memulai Usaha, Ini Beresiko!

Banyak yang melakukan ini, tetapi itu beresiko. Saya sendiri melakukan ini dan saya mengalami kesulitan. Ternyata bukan hanya saya, banyak kasus yang mengalami hal yang sama. Berhenti bekerja membawa mimpi akan sukses memulai usaha, berbekal modal pesangon dan tabungan selama ini.

Tidak lama setelah itu, uang habis, usaha belum menghasilkan bahkan banyak yang gagal. Akhirnya repot. Ada yang kembali bekerja atau hidup dalam kesulitan. Sebagian kecil ada yang berhasil melalui kesulitan itu (saya salah satunya). Tapi tidak semua bisa.

Mengapa banyak yang gagal? Banyak yang tidak faham tentang mempersiapkan diri pindah profesi. Bahkan bukan hanya pindah profesi tetapi pindah kuadran yang pastinya mindsetnya berbeda. Mindset sebagai seorang karyawan dan sebagai pebisnis berbeda, Anda harus siap.

Bukan tidak boleh. Hanya saja beresiko. Jika Anda siap dengan resikonya, itu bagus. Karena yang namanya pebisnis itu memang harus siap dengan resiko. Jika Anda sudah siap menghadapi resiko, artinya Anda sudah memiliki mental pebisnis dan silahkan bisa berhenti bekerja sekarang juga dan memulai usaha.

Jika belum siap, itu juga bukan masalah, yang penting ada upaya untuk mempersiapkan diri. Jadi bukan tidak boleh berhenti bekerja kemudian memulai usaha, hanya saja harus siap dengan resikonya.

Sebelum Anda Berhenti Bekerja

Jika Anda sudah memiliki keinginan kuat untuk berhenti bekerja tetapi masih takut, maka persiapkan diri Anda. Persiapan paling penting adalah persiapan mindset. Karena bukan modal, bukan kemampuan, bukan koneksi, bukan pendidikan faktor terpenting meraih sukses, tetapi: 85% ditentukan oleh mindset Anda.

Bagaimana caranya?

Persiapan Berhenti Bekerja

Mindset itu akan Anda dapatkan dari belajar (membaca) dan praktek (pengalaman). Kombinasi pengalalaman dan ilmu, kemudian mengkristal dalam pikiran Anda, kemudian akan membantu langkah Anda dalam berbisnis, itulah mindset.

Ada banyak cara mendapatkan pengalaman dan ilmu. Tapi, bagaimana mendapatkan pengalaman bisnis jika masih bekerja? Bisa, mulailah dengan bisnis yang bisa dijalankan sambil bekerja, bisnis sampingan istilahnya.

Yang terpenting dari memiliki bisnis sampingan adalah membangun mindset Anda. Namun bisa juga dari bisnis sampingan itulah Anda juga memiliki kesiapan secara finansial. Anggaplah bisnis sampingan Anda sudah menghasilkan uang yang cukup untuk kebutuhan Anda, maka Anda akan lebih tenang dan berani saat berhenti berhenti kerja.

Memahami Antara Perbedaan Dagang dan Bisnis

Banyak yang berpikir berbisnis, padahal dia berdagang atau jualan. Itu beda. Persiapan terbaik untuk berhenti bekerja bukanlah dengan berdagang, tetapi berbisnis. Anda sudah mengetahui bedanya?

Bukankah sama-sama berjualan? Betul, tapi bisnis bukan hanya jualan namun lebih dari itu.

  • Bisnis jualannya dengan sistem. Bukan hanya jualan, termasuk memproduksi atau mengadakan produk dan bahan baku. Bisnis tidak bergantung pada diri Anda, tetapi sistem.
  • Bisnis adanya tim yang akan menjalankan bisnis Anda. Setiap kegiatan dalam bisnis Anda dijalankan oleh tim Anda dengan panduan sebuah sistem. Fungsi Anda bukan untuk menjalankan bisnis, tetapi untuk memimpin tim Anda.
  • Bisnis juga membangun aset, sementara jualan hanya transaksi. Salah satu kriteria bisnis Anda maju saat aset Anda bertambah sehingga memberikan masukan dengan mencukupi.

Jika berjualan hanya mendapatkan produk kemudian menjualnya sendiri. Dalam bisnis, Anda tidak perlu melakukan semuanya sendri, tetapi dibantu oleh tim Anda. Agar tim Anda bekerja dengan benar, maka dibutuhkan sebuah sistem dan diarahkan, dimonitor oleh Anda sebagai pemimpin.

Dan bisnis juga membangun aset. Aset adalah sesuatu yang menghasilkan uang. Bisnis Anda adalah aset, membangun bisnis artinya membesarkan bisnis Anda. Bisnis Anda bisa terus membesar dan Anda tidak perlu khawatir harus menjalankannya sendirian karena ada sistem dan tim Anda.

Sekolah Bisnis: Belajar dan Praktek Sambil Bekerja

Sekolah Bisnis Saran Para Ahli

Robert T. Kiyosaki (penulis dunia buku-buku finansial) mengeluarkan sebuah istilah yang disebut business school (sekolah bisnis) yang merujuk pada bisnis network marketing. Karena melalui Network Marketing, Anda bisa belajar sekaligus praktek dan bisa dijalankan sambil bekerja.

Saya menyadari, banyak orang memiliki anggapan negatif, sementara banyak para ahli yang merekomendasikan. Sebagai seorang calon pebisnis, Anda harus bisa melihat sesuatu dengan sudut pandang yang benar dan logis, bukan hanya katanya dan katanya.

Siapa yang meragukan kapasitas Robert T. Kiyosaki? Namun dia menyarankan network marketing. Begitu juga berbagai ahli dan pebisnis sukses lainnya, banyak yang merekomendasikannya. Meski banyak yang tidak suka, faktanya kehadiran network marketing banyak membantu orang memiliki penghasilan yang wah.

Yang penting adalah:

  1. Pilih network marketing yang benar, HNI salah satunya.
  2. Jalankan dengan cara yang benar, akan dibantu oleh mentor Anda.

Banyak karyawan yang meraih sukses di HNI, ada yang terus bekerja dan banyak juga yang berhenti bekerja. Itu adalah pilihan Anda.

Tentang HNI dan HPA Sukses bisa disimak di video ini:

Belajar dan Menjalankan Cukup Di Rumah

Bagi karyawan, tentu waktu yang dimiliki sempit. Namun Anda bisa menjalankan bisnis HNI dan belajarnya di rumah secara online. Apalagi jika bergabung HNI melalui HPA Sukses yang sudah memiliki fasilitas dijalankan secara online.

Berikut fasilitas HPA Sukses untuk Anda:

Memudahkan Yang Sedang Belajar Bisnis

Seperti dijelaskan diatas, bahwa kehadiran HNI dan HPA Sukses itu memudahkan Anda. Seperti Anda belajar naik sepeda, dimudahkan dulu dengan roda tambahan. Begitu dalam menjalankan bisnis, baiknya agar Anda bisa dimudahkan dulu.

Plus ada mentor yang akan membantu Anda.

Jadi ingin berhenti kerja tapi takut? Ya, mulailah belajar dan praktek bisnis sejak sekarang. Bukan hanya penghasilan yang akan Anda dapatkan tetapi juga ilmu serta pengalaman yang akan membentuk mindset Anda. Sehingga pada saatnya, Anda akan siap berhenti bekerja, baik secara finansial maupun kemampuan.

Bagi Anda yang tidak berniat berhenti bekerja, apakah dijamin akan terus bekerja? Bagaimana jika dipecat atau PHK secara mendadak? Sudah siapkah? Memang berhenti bekerja itu bukan kiaman, rezeki ada ditangan Allah, namun alangkah lebih baik jika kita ikhtiar maksimal untuk mengantisipasinya.

Saatnya Anda bukan hanya membangun bisnis orang lain, tetapi membangun bisnis milik Anda sendiri, dengan bergabung HNI.

Rahmat, LED - Owner HPA Sukses

Ijinkan saya menjadi mentor Anda. Saya akan bagikan pengalaman saya menjalankan bisnis HNI, strategi, sistem, metode, taktik, dan alat bantu sehingga menjadi seorang Agen HNI dengan penghasilan jutaan rupiah per bulan atau lebih.
Login disini | Daftar Disini

Latest posts by Rahmat, LED - Owner HPA Sukses (see all)

Tentang HPA Sukses

Direferensikan oleh: Rahmat 081322602096

Chat via WhatsApp

Daftar Disini

HPA Sukses