Cara Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak

(Last Updated On: November 11, 2018)

Adalah sebuah cita-cita semua orang tua menginginkan anak-anaknya mendapatkan pendidikan terbaik. Mereka rela mengorbankan segalanya untuk pendidikan Anda.

Disisi lain, tidak sedikit orang tua yang menyerah, karena pada saatnya tiba, ternyata tidak mampu untuk membiaya pendidikan anaknya. Akhirnya anak berhenti kuliah atau kualiah di tempat yang tidak sesuai dengan harapan kita dan harapan anak.

Sayang bukan?

Mungkin potensi anak kita luar biasa, namun jika kita tidak mempersiapkan diri, bisa jadi kita tidak siap menghadapinya. Kita semua memahami, bahwa biaya pendidikan, terutama kuliah, semakin tahun semakin tinggi.

cara mempersiapkan biaya pendidikan anak

Cara-Cara Biasa Dalam Mempersiapkan Pendidikan Anak

Menabung

Menabung adalah cara paling umum dalam mempersiapkan pendidikan anak. Banyak yang melakukannya, menyisihkan sebagian penghasilan demi masa depan anak-anak kita.

Tantangan menabung adalah:

  • Nilai mata uang yang terus menurun, apalagi belasan tahun yang akan datang.
  • Tergoda untuk mengambil tabungan, terutama saat kondisi mendesak atau ada tawaran menggoda.
  • Dan, yang paling umum terjadi adalah, ternyata menabung itu susah. Apalagi jika penghasilan pas-pasan, tidak ada uang untuk ditabungkan.

Ada nasihat, potong dulu gajian kita, kemudian hiduplah dari sisanya. Ya, teorinya mudah, namun prakteknya susah, sebab kita penghasilan kurang, meski sejak awal sudah ditabungkan, kita ambil kembali.

Memang, kuncinya menabung adalah tekad yang kuat, tidak peduli berapa penghasilan Anda. Namun, jika penghasilan Anda Rp 3.000.000, berapa yang bisa Anda tabungkan? Pastinya berbeda jika penghasilan Anda Rp 30.000.000.

Menabung adalah penting, namun memperbesar penghasilan agar bisa menabung lebih banyak, itu juga sangat penting.

Berkaitan dengan nilai mata uang yang melemah terus, maka kita bisa mencoba dengan menabung emas dimana nilai emas tetap dari masa ke masa. Namun pastikan, menabung emas itu untuk jangka waktu lama, misalnya 5 sampai belasan tahun. Jika terlalu sebentar, biaya admin dan selisih harga beli dan harga jual akan merugikan Anda.

Investasi

Cara kedua, jika Anda punya uang cukup adalah dengan investasi jangka panjang. Misalnya investasi di properti yang relatif aman dan mendapatkan keuntungan dari naiknya harga properti dari tahun ke tahun.

Ini strategi bagus sebenarnya. Saya sudah menyaksikan sendiri, banyak orang yang melakukan ini dan berhasil. Baik untuk pendidikan maupun pernikahan anaknya.

Tantangan investasi jelas Anda harus punya uang dulu. Kedua, investasi properti itu kurang liquid, artinya membutuhkan waktu dan proses untuk mencairkannya suatu saat dibutuhkan.

Jelas, tidak semua orang bisa melakukan investasi karena bagaimana pun Anda harus punya uang untuk diinvestasikan.

Asuransi

Ada pro kontra dengan asuransi, tentang kehalalannya. Keunggulan asuransi adalah Anda dipaksa dan lebih disiplin serta tidak mudah dicairkan. Plus ada jaminan jika sesuatu terjadi, meninggal dunia misalnya.

Saya bukan penggemar dan penganjur asuransi, hanya saja salah satu metode yang biasa orang lakukan saat ini sebagai bahan pengetahuan. Namun jika Anda berminat, maka pastikan asuransi yang Anda ikuti adalah halal sesuai syariah (jika ada).

Cara Progresif Mempersiapkan Pendidikan Anak

Terlepas cara apa yang akan Anda gunakan untuk mempersiapkan pendidikan anak, Anda harus punya uang bukan? Sehingga Anda bisa menyisihkan uang yang cukup untuk pendidikan. Dan tentu kita juga sadar, bahwa bukan hanya pendidikan yang harus kita persiapkan, termasuk kesehatan, ibadah haji, pensiun, dan sebagainya.

Jika Anda menginginkan anak Anda mendapatkan pendidikan terbaik yang biayanya semakin melambung, maka harus direncanakan bagaimana caranya agar Anda mampu. Ya, bukan masalah menabung, investasi atau asuransi, tetapi Anda mampu tidak melakukannya?

Maka satu-satunya cara (ikhtiar maksimal) kita adalah berusaha untuk meningkatkan pemasukan atau penghasilan Anda. Keseriusan Anda dalam meningkatkan penghasilan adalah bukti keinginan Anda yang kuat untuk memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak Anda.

Raih Karir Yang Cemerlang

Jika Anda seorang karyawan, maka tekadkan untuk meraih karir yang cemerlang sampai mendapatkan pangkat atau jabatan yang tinggi sehingga gaji Anda bisa diandalkan untuk biaya pendidikan di masa depan. Jika Anda hanya bekerja biasa-biasa saja, kecuali gaji Anda sudah besar, maka kenaikan gaji standar tidak akan memberikan harapan.

Berapa kenaikan gaji standar? Apakah 10%? Mungkin, bahkan bisa kurang. Cara agar Anda mendapatkan kenaikan gaji yang berarti adalah dengan kenaikan jabatan dan prestasi yang tinggi.

Namun Anda perlu mengukur peluangnya, mengingat tingkat pendidikan, kultur perusahaan, keterandalan perusahaan, dan sebagainya. Apakah Anda memiliki peluang bagus untuk meraih karir yang cemerlang?

Bangun Bisnis

Ini terbuka untuk siapa saja. Peluangnya lebih besar dan bisa dilakukan dan diraih oleh siapa saja. Meski Anda tetap bekerja saat ini. Meski Anda belum bekerja saat ini. Membangun bisnis adalah peluang untuk memperbesar penghasilan sehingga mampu mempersiapkan biaya pendidikan anak di masa depan.

Ya, saya memahami, tentu ada banyak hambatan untuk memulai bisnis. Biasanya tidak lepas dari 3 hal ini: modal, waktu, dan kemampuan. Ya, karena tidak punya modal, tidak ada waktu, dan tidak bisa menjalankannya.

Untuk itulah saya membuat website ini, HPA Sukses, karena ingin membantu siapa saja yang ingin meningkatkan penghasilan namun memiliki banyak keterbatasan.

  • Untuk memulai bisnis nyaris tidak memerlukan modal, Anda cukup membayar biaya pendaftaran HNI Rp 30.000 atau Rp 10.000.
  • Waktunya fleksibel, karena bisa dijalankan di rumah dan secara online.
  • Dan sudah disiapkan training center yang juga bisa dipelajari secara online dan di rumah, plus akan saya bantu/bimbing, jadi tidak ada alasan tidak bisa.

Tapi …

STOP kata tapi. Jika Anda sayang kepada anak, ingin mempersiapkan pendidikannya di masa depan, ingin menambah penghasilan demi orang-orang yang Anda cintai, jangan banyak alasan.

Memang akan membutuhkan perjuangan, ada tantangan, dan ada pengorbanan. Tetapi itu semua sepadan dengan hasilnya. Mungkin akan mendengar omongan orang tentang bisnis ini, namun selama halal, lakukan saja. Orang-orang yang nyinyir terhadap Anda tidak akan bertanggung jawab atas pendidikan anak Anda. Andalah yang bertanggung jawab, Andalah yang memutuskan.

Daftar Disini

Jika Anda pernah mendaftar, maka langsung login saja

Ijinkan saya menjadi mentor Anda. Saya akan bagikan pengalaman saya menjalankan bisnis HNI, strategi, sistem, metode, taktik, dan alat bantu sehingga menjadi seorang Agen HNI dengan penghasilan jutaan rupiah per bulan atau lebih.

Login disini | Daftar Disini

Info

Daftar Disini

Sponsor Anda: Rahmat 081322602096

HPA Sukses